KISI-KISI PENYEBARAN / NOMOR SOAL
|
|||||||||||||||
ULANGAN TENGAH SEMESTER TAHUN PELAJARAN 2015-2016
|
|||||||||||||||
Mata Pelajaran
|
: IPS
|
Kompetensi Keahlian
|
: TKR / TKJ / AK
|
||||||||||||
Kelas/Semester
|
: XI / 1 (satu)
|
Alokasi Waktu
|
: 90 menit
|
||||||||||||
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Uraian
|
Jumlah
|
%
|
|||||||||||
C1
|
C2
|
C3
|
C4
|
C5
|
C6
|
C1
|
C2
|
C3
|
C4
|
C5
|
C6
|
||||
5.1
|
Mendeskripsikan bentuk-bentuk
struktur sosial dalam fenomena kehidupan
5.1 Mendeskripsikan
bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan
|
Struktur sosial dijelaskan berdasarkan pengertian
dan ciri-cirinya
Struktur sosial dideskripsikan menurut fungsi dan
bentuk-bentuknya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.2
|
Menganalisis faktor penyebab
konflik sosial dalam masyarakat
|
Konflik sosial dijelaskan menurut pengertiannya
Konflik sosial diidentifikasi berdasarkan
faktor-faktor penyebabnya
Konflik sosial diidentifikasi berdasarkan bentuk
pengendaliannya
Konflik sosial dianalisis berdasarkan dampak yang
muncul
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.3
|
Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam
masyarakat multikultural
|
Kelompok sosial dijelaskan berdasarkan pengertiannya
Masyarakat multikultural dideskripsikan
berdasarkan pengertiannya
Kelompok sosial dan masyarakat multikultural
dideskripsikan menurut hubungan yang ada
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.4
|
Mendeskripsikan perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat
multikultural
|
Masyarakat multikultural dideskripsikan menurut
faktor penyebabnya
Masyarakat multikultural di Indonesia
diidentifikasi berdasarkan karakteristiknya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.5
|
Mendeskripsikan keanekaragaman kelompok sosial dalam
masyarakat multikultural
|
Solidaritas mekanik dan solidaritas organik
dijelaskan menurut pendapat Durkheim
Gemeinschaft dan gesselschaft dijelaskan menurut
pendapat F. Tonnies
Kelompok primer dan kelompok sekunder dijelaskan menurut pendapat C.H.
Cooley dan E. Farris
In-group dan out-group dijelaskan menurut
pendapat W.G. Sumner
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Soal Tiap JK
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Persentase JK
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Jumlah Soal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KISI-KISI PENULISAN
SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER SMKN 1 CIPEUNDEUY
|
|||||||||||||
TAHUN PELAJARAN 2015-2016
|
|||||||||||||
KELAS
|
: XI
|
ALOKASI WAKTU
|
: 90 MENIT
|
||||||||||
MATA PELAJARAN
|
: IPS
|
JUMLAH SOAL
|
: 10 SOAL (ESSAY)
|
||||||||||
KURIKULUM
|
: 2006/KTSP
|
NAMA PENYUSUN
|
: DEDE SALIM DAHLAN, S.Pd
|
||||||||||
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
JENJANG KEMAMPUAN
|
BENTUK SOAL
|
NO. SOAL
|
BUTIR SOAL
|
KUNCI JWB
|
||||||
C1
|
C2
|
C3
|
C4
|
C5
|
C6
|
||||||||
5.1
|
Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur
sosial dalam fenomena kehidupan
5.1 Mendeskripsikan
bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan
|
Pengertian dan ciri struktur sosial
Fungsi dan
bentuk-bentuk struktur sosial
|
Struktur sosial dijelaskan berdasarkan pengertian
dan ciri-cirinya
Struktur sosial dideskripsikan menurut fungsi dan
bentuk-bentuknya
|
|
|
|
√
|
|
ESSAY
|
1
|
Jelaskan perbedaan antara peran
dengan status dalam struktur sosial!
|
|
|
5.2
|
Menganalisis faktor penyebab
konflik sosial dalam masyarakat
|
Pengertian konflik sosial
Faktor-faktor penyebab konflik sosial
Bentuk pengendalian konflik sosial
Dampak konflik sosial
|
Konflik sosial dijelaskan menurut pengertiannya
Konflik sosial diidentifikasi berdasarkan
faktor-faktor penyebabnya
Konflik sosial diidentifikasi berdasarkan bentuk
pengendaliannya
Konflik sosial dianalisis berdasarkan dampak yang
muncul
|
|
|
√
|
|
|
|
2
|
Berikan 2 contoh konflik status
yang pernah kalian alami dalm kehidupan sehari-hari!
|
|
|
5.3
|
Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam
masyarakat multikultural
|
Pengertian kelompok sosial
Pengertian masyarakat multikultural
Hubungan kelompok
sosial dengan masyarakat multikultural
|
Kelompok sosial dijelaskan berdasarkan pengertiannya
Masyarakat multikultural dideskripsikan
berdasarkan pengertiannya
Kelompok sosial dan masyarakat multikultural
dideskripsikan menurut hubungan yang ada
|
|
√
|
√
√
√
|
√
√
|
|
|
3
4
5
6
7
8
|
Apa
yang dimaksud dengan konflik sosial?
Berikan
contoh konflik sosial yang diakibatkan oleh persaingan!
Sebutkan
lima bentuk konflik sosial?
Berikan
2 contoh kegiatan yang menurut kalian dapat mencegah terjadinya konflik
sosial?
Apa
perbedaan dari masyarakat kota dengan masyarakat desa?
Berikan
contoh nyata
dari perubahan masyarakat desa menjadi masyarkat kota dilihat
dari pengalaman kalian sehari-hari!
|
|
|
5.4
|
Mendeskripsikan perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat
multikultural
|
Faktor penyebab timbulnya masyarakat
multikultural
Karakteristik
masyarakat multikultural di Indonesia
|
Masyarakat multikultural dideskripsikan menurut
faktor penyebabnya
Masyarakat multikultural di Indonesia
diidentifikasi berdasarkan karakteristiknya
|
|
√
|
√
|
|
|
|
9
10
|
Jelaskan ciri dari paguyuban?
Berikan 3 contoh kelompok atau organisasi yang
termasuk patembayan?
|
|
|
5.5
|
Mendeskripsikan keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat
multikultural
|
Solidaritas
mekanik dan solidaritas organik
Gemeinschaft dan gesselschaft
Kelompok primer dan kelompok sekunder
In-group dan out-group
|
Solidaritas mekanik dan solidaritas organik
dijelaskan menurut pendapat Durkheim
Gemeinschaft dan gesselschaft dijelaskan menurut
pendapat F. Tonnies
Kelompok primer dan kelompok sekunder dijelaskan menurut pendapat C.H.
Cooley dan E. Farris
In-group dan out-group dijelaskan menurut
pendapat W.G. Sumner
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
2
|
5
|
3
|
|
|
10
|
|
|
|
PEMERINTAH
KABUPATEN BANDUNG BARAT
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA
DAN OLAHRAGA
SMK NEGERI 1 CIPEUNDEUY
Jl.
Cirata-Margalaksana Kec.Cipeundeuy Kab. Bandung barat 40558
(
(022) 6973839 Fax : - Email : smkn_cipeundeuy@rocketmail.com
|
SOAL
ULANGAN TENGAH SEMESTER
Tahun
Pelajaran 2015/2016
Hari
/ Tanggal : Senin-Sabtu (28 Sept- 3 Okt 2015)
Mata Pelajaran : IPS
Kelas
/ semester : XI / 1
(Ganjil)
Kompetensi
keahlian : TKR / TKJ /AK
Waktu : 90 menit
-
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar
dan jelas!
1.
Jelaskan
perbedaan antara peran dengan status dalam struktur sosial!
2.
Berikan
2 contoh konflik status yang pernah kalian alami dalm kehidupan sehari-hari!
3.
Apa
yang dimaksud dengan konflik sosial?
4.
Berikan
contoh konflik sosial yang diakibatkan oleh persaingan!
5.
Sebutkan
lima bentuk konflik sosial?
6.
Berikan
2 contoh kegiatan yang menurut kalian dapat mencegah terjadinya konflik sosial?
7.
Apa
perbedaan dari masyarakat kota dengan masyarakat desa?
8.
Berikan
contoh dari perubahan masyarakat desa menjadi masyarkat kota dilihat dari
kehidupan kalian sehari-hari!
9.
Jelaskan
ciri dari paguyuban?
10. Berikan 3 contoh kelompok atau
organisasi yang termasuk patembayan?
Selamat
mengerjakan!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terimakasih